PENGARUH PENDIDIKAN BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Senin, 26Mei 2009
Pendidikan memberikan pengaruh dan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan diri anak. Pendidikan dalam hal ini dipahami sebagai suatu tindakan yang dilakukan dengan sengajaoleh seorang pendidik atau pengasuh anak guna mecapai tujuan yang telah ditentukan, atau mencapai kondisi yang lebih baik bagi anak.
Aspek yang dilihat dalam pembahasan imi ada lima, yakni perkembangan fisik, moral, emosional, intelektual, dan perkembangan spiritual. Masing-masing aspek tersebut dapat berkembang secara baik dengan adanya program pendidikan yang teah ditetapkan kepada anak. Baik pendidikan dalam keluarga, pendidikan pra sekolah maupun pendidikan di sekolah.
Segala perilaku dan stimulasi yang diterima anak akan berpengaruh terhadap pembentukan dan pengembangan dirinya, baik disengaja maupun tidak. Pendidikan merupakan bentuk perilaku dan stimulasi yang disengaja dan disadari oleh pendidik atau pengasuhnya, sehingga efek yang dihasilkan diharapkan akan lebih baik dibanding dengan perilaku atau stimulasi yang diterima anak secara spontan.
A. PENGARUH PENDIDIKAN BAGI PERKEMBANGAN FISIK
Perkembangan fisik merupakan awal dan landasan bagi perkembangan aspek lainnya. Sebab perkembangan fisik akan memberikan pengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung bagi pengembangan aspek-aspek yang lain. Perkembangan fisik juga dianggap penting karena secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-hari.
Bentuk-bentuk pendidikan dan layanan yang dapat diberikan untuk pengembangan fisik anak, antara lain:
1. Pemberian gizi yang memadai guna mendukung perkembangan fisik.
2. pemberian kesempatan unttk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
3. Penyediaan lingkngan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
4. Pemberian reaksi yang positif terhadap bagaimanapun kondisi fisik anak.
5. Pemberian reaksi yang positif terhadap bagaimanapun kondisi fisik anak.
pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik.
1. Fisik berkembang lebih baik, karena mendapatkan perhatian dan pemenuhan kebutuhan yang memadai.
2. Fisik berkembang lebih kuat, karena ada kesempatan yang leluasa bagi anak untuk beraktivitas dan menggerakkan otot.
3. anak termotivasi untuk melakuka berbagai aktivitas ditengah lingkungannya yang bermanfaat bagipengembangan fisik.
4. Anak terhindar dari hal-hal yang mengganggu dan membahayakan perkembangan fisik.
5. Anak memiliki konsep diri positif, walaubagaimanapun kondisi fisik yang dimiliki.
B. PENGARUH PENDIDIKAN BAGI PERKEMBANGANMORAL
Perkembangan moral adalah perkembangan perilaku seseorang yang sesuai dengan kode etik dan standard sosial. Bentuk-bentuk pendidikan dan layanan yang dapat dilakukan untuk pengembangan moral anak antara lain:
1. Memberi kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan sosial dan belajar apa saja yang diharapkan oleh anggota kelmpok dan masyarakat.
2. Memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan apa saja yang benar dan yang salah dan kemudian dijelaskan mengapa ini benar dan mengapa itu salah.
3. Mengembangkan keinginan anak untuk melakukan hal-hal yang benar.
4. menumbuhkan rasa malu dan rasa bersalah bila melanggar norma dan aturan yang beraku.
C. PENGARUH PENDIDIKAN BAGI PERKEMBANGAN EMOSIONAL
Emosi adalah letupan perasaan yang muncul dari dalam diri seseorang baik bersifat positif maupun negatif.
Bentuk-bentuk pendidikan yang dapat dilakukan untuk pengembangan emosional anak, antara lain:
1. Memberikan reaksi emosi yang positif terhadap anak guna pengembangan emosi positif.
2. melatih anak untuk mengembangan emosi positif.
3. Mengembangkan emosi positif sebagai emosi yang dominan.
4. melatih anak untuk mengendalikan emosi (katarsis emosi).
Pengaruh pendidikan bagi pengembangan emosional anak, antara lain:
1. Anak mengembangakan emosi positif berdasarkan apa yang dia lihat, ia dengar dan ia rasakan.
2. Anak terlatih untuk mengembangkan emosi positif.
3. Anak mengembangkan emosi positif sebagai emosi yang dominan.
4. Anak terlatih untuk mengendalikan emosi dan menetralkan emosi(katarsis emosi0
5. Anak mampu meredam gejolak emosi.
D. PENGARUH PENDIDIKAN BAGI PERKEMBANGAN INTLEKTUAL
Kemampuan intelektual adalah kemampuan untuk memahami sesuatu. kemampuan iniperlu dilatih dan distimulasi sejjak dini agar dapat berkembang secara optimal.
pengembangan intelektual anak antara lain:
1. memberikan stimulasi positif bagi pengembangan intelektual anak sesuai dengan tahap pengembangannya.
2. melatih dan membimbing anak untuk mengembangkan kemampuan intelektualnya.
3. Menanamkan konsep positif terhadap apa saja yang dikenal dan diketahui oleh anak.
4. Menghindarkan hal-hal yang dapat menghambat dan merugikan perkembangan intelektual anak.
pengaruh pendidikan bagi pekembangan intelektual anak anak antara lain
1. Anak mampu mengembangkan kemampuan intelektualnya secara lebih baik.
2. anak memiliki konsep positif terhadap apa saja yang dikenal dan diketahui.
3. Anak mampu mengembangkan segenap potensi yang dimiliki sesuai dengan kemampuan yang ada.
Nama: ISTIQOMAH
Kelas : F
Nim : 08140022
Senin, 25 Mei 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar