Selasa, 21 April 2009

PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Selasa,21 april 2009

A.TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Secra umum tujuanprogram pendidikan anak usia dini adalah memfasilitasi pertumbuhan dan pekembangan anak secara optimal dan menyeluruh sesuai dengan norma - norma dan nilai kehidupan yang di anut.
secara khusus tujuan program pendidikan untuk anak usia dini tercantum dalam undang - undang pendidikan prasekolah.Hal itu dapat dilihat dala rumusan keputusan Menteri Pendidikan danKebudayaan RI Nomor 0486/U/1992 tentang TK bab II pasal 3 menyatakan baahwa pendidikan TK bertujuan membantu meletakan dasar ke arah perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang di perlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
Sedangkan fungsi pendidikn anak usia dini atau lebih khusus pendidikan prasekolah dapat di rumuskan menjadi lima fungsi utma, yaitu:

1. penanaman aqidah dan keimanan.
2. pembentukan dan pembiasan perilaku positif.
3. pengebangan pengetahuan dan keterampilan dasar.
4. pengembangan motivasi dan sikap belajar yang positif.
5. pengembangan segenap potensi yang dimiliki.


Sedangkan fungsi progra kegiatan belajar Taman kanak- kanak adalah:

1. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkemba
nganya.
2. Mengenalkan anak kepada dunia sekitar.
3. Mengembangkan sosialisasi anak.
4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
5. Memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.


B.KARAKTERISTIK PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

Hal utama yang membedakan karakteristik program pendidikan anak usia dini adalah tuntutan tingkat perkembangan dnan cara belajarnya.

Beberapa karakteristik program pendidikan anak usia dini antara lain dapat diuraikan sebagai berikut:
1. karakteristik guru, lebih cenderung menunjukan keceriaan,kerjasama dan
keterlibatan secara total dengan kegiatan anak.

2. Materi pelajaran,lebih teintegrasi,yaitu suatu program pembelajaran yang dapat
menyajikan sesuatuaktivitas belajar anak secara terpadu.
3. Metode pendidikan, lebih menekankan metode yang bersifat rekreatif dari pada
metode ceramah.
4. Media dan sarana, perlu dipilih media dan sarana yang memudahkan dan memancing
anak untuk aktif terlibat, aman dan menyenangkan.
5. Desain ruangan, perlu lebih meriah, kreatif dan menantang bagi anak untuk
bereksplorasi.
6. sistem evaluasi.sistem evaluasi yang dilakukan untuk anak usia dini lebih bersifat
natural, alamiah. anak melaksanakan kegiatan secara alamiah dan pendidik mengamati dan memberikan penilaian.

C.PRINSIP - PRINSIP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pendidikan anak usia dini memiliki prinsip khusus.Hal ini dirumuskan oleh Tina Bruce (1987) sebagaimana din tulis oleh Aswarni Sudjuj (1997) selanjutnya dirangkum menjadi sepuluh prinsip pendidikan anak usia dini, yaitu:

1.Usia anak adalah sebagian dari kehidupan secarakeseluruhan, merupakan masa
persiapan untuk menghadapi kehidupan yang akan datang.
2. Fisik, mental dan kesehatan sama pentingnya seperti berfikir dan aspek psikis
lainnya.
3. Pembelajaran pada usia dini saling terkai, tidak dapat dipisahkan.
4. Motivasi intrinsik akan menghasilkan inisiatif sendiri (self directed activity) yang
sangat bernlai.
5. program pendidikan pada anak usia dini perlu menekankan disiplin.
6. Masa peka untuk mempelajari sesuatu pada tahap perkembangan tertentu perlu
diobservasi.
7. Titik tolak hendaknya pada apa yang dapat dikerjakan anak, bukan apa yang tidak
dapat dikerjakan anak.
8. Suatu kehidupan terjadi dalam diri anak (innerlife) khususnya pada kondisi yang
menunjang.
9. Orang -orang yang ada di sekitar anak dalam melaksanakan interaksi dengan anak
merupakan hal yang penting.
10. Pendidikan anak usia dini merupakan interaksi antara anak dengan lingkungan, dimana dalam lingkungan tersebut termasuk orang dewasa termasuk pengetahuan itu sendiri

D.RUANG LINGKUP MATERI PENDIDIKAN ANKAK USIA DINI

Secara umum ruang lingkup materi pendidikan anak usia dini meliputi segala hal yang ada dalam diri dan lingkunganya.secara khusus ruang lingkup materi pendidikan telah dirumuskan dalam program kegiatan belajajar Taman kanak - kanak yakni mencakup dua program.

1. Program kegiatan pembentukan perilaku, dilaksanakan melalui pembiasan yang
terwujud dalam kegiatan sehari - hari di Taman Kanak -kanak.
2. Program kegiatan pengembangan kemampuan dasar, dilaksanakan melalui kegiatan
yang dipersiapkan oleh guru.

E.BENTUK - BENTUK PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Secara rinci bentik program pendidikan anak usia dini dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Pendidikan keluarga (0-3 tahun)

pada tahap ini pendidikan anak masih berada pada lingkup
terkecil, yakni keluarga. pendidikan eluarga merupakan pendidikan pertama dan utama bagi anak, sebab pendidikan keluarga merupakan pondasi bagi anak untuk membangun struktur kepribadian selanjunya.

2. Taman pendidikan anak (day Care)
Taman pendidikan anak (TPA) adalah lembaga kesejahteraan sosial yang memberian pelayanan pengganti berupa asuhan,perawatan dan pendidikan bagi anak balita selama anak tersebut ditinggal bekerja oleh orang tuannya. TPA bertujuan membantu orangtua agar dapat bekerja dengan tenang sehingga tercapai prestasi kerja yang optimal.

3. Kelompok Bermain (play Group)
Taman bermain merupakan tempat bermin dan belajar anak sebelum memasuki Taman kanak - kanak.Plzay group menampung anak usia 3-4 tahun.
4. Taman Kanak-kanak

Taman kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan setelah play gpup sebelum anak masuk sekolah dasar. walaupun TK bukan jenjang pendidikan wajib diikuti, namun memberikan banyak manfaat bagi penyiapan anak untuk msuk Sekolah Dasar.

5. TKA (Taman kanak-kanak al-qur'an)

TKA adalah program program pendidikan anak usia 4-6 tahun yang materinya lebih menekankan pada materi al-qur'an.

6. SD (Sekolah Dasar)

sekolah dasar adalah jenjang pendidikan formal pertama setelah taman kanak -kanak.



Nama :ISTIQOMAH

KELAS:F

NIM:08140022

di ambil dari buku:pendidikan anak usia dini

Tugas dari bu labibah

2 komentar:

  1. Selamat buat Ibu Labibah, telah berhasil mendorong anak-didiknya untuk bersentuhan dengan materi tentang PAUD. Semoga semakin banyak orang yang punya konsen pada PAUD. Karena Indonesia harus berbenah diri, memperbaiki kualitas pendidikan, PAUD lah yang harus pertama disentuh...yang lain akan jauh lebih mudah bila PAUD sudah sesuai dengan pakemnya. Selamt yah, buat mbak Istiqomah, telah semakin dekat denga topic PAUD.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum..
    senang sekali bisa tersesat kesini. ternyata ketemu juga dengan pelangi anak disini (hehehe). Sy stuju, PAUD harus disosialisasikan ke semua elemen masyarakat, para calon ayah dan ibu juga harus mengetahui pentingnya PAUD sehingga potensi golden age anak bisa dimaksimalkan oleh orang tua di rumah, tutor/guru di TK dan kober. trims infonya
    salam

    BalasHapus